Tuesday, October 2, 2012

Gaya Kepemimpinan

oleh: Maya Purnamasari

Gaya kepemimpinan merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mengajak atau mendorong seseorang untuk mengikuti sesuatu hal tertentu. Hal tersebut tidaklah mudah bagi seseorang. Di dalam diri seseorang membutuhkan jiwa kepemimpinan terlebih dahulu sebelum bisa mengajak seseorang untuk menjadi pengikutnya. Itulah pentingnya mengapa adanya suatu gaya kepemimpinan ini.
Suatu gaya kepemimpinan dipengaruhi oleh adanya norma perilaku seseorang pada saat orang tersebut sedang mempengaruhi orang lain. Dalam hal ini, seseorang akan berusaha untuk menyelaraskan persepsi diantara dirinya dengan orang lain. Semua kegiatan ini bersifat mengajak atau mempengaruhi agar seseorang dapat mengikuti apa yang kita inginkan untuk mencapai tujuan bersama.
Dikatakan bahwa seseorang mempunyai jiwa kepemimpinan adalah ketika dirinya menjadi sosok yang teladan bagi suatu kelompok dan memiliki pola perilaku yang khas pada saat mempengaruhi seseorang. Cara ia memimpin dan bertindak adalah wujud cerminan dirinya dalam melakukan suatu gaya kepemimpinan.
Pada umumnya gaya kepemimpinan dimiliki seseorang yang pendidikannya jauh lebih tinggi daripada yang lainnya. Dengan pendidikan yang tinggi seseorang dapat membentuk pemikiran – pemikiran baru yang rasional serta dapat mengajak seseorang untuk berkembang pikirannya supaya lebih maju lagi.
Gaya kepemimpinan seseorang dapat dikaji dalam tiga pendekatan utama yaitu pendekatan sifat, perilaku dan situasional. Pendekatan sifat merupakan suatu pendekatan dimana seseorang dapat mengerti tentang karakteristik serta kebiasaan seseorang. Sedangkan pendekatan perilaku yaitu memahami tentang kegiatan seseorang dan kebiasaan keseharian seseorang. Pendekatan situasional mengacu pada pendekatan pada suatu keadaan seseorang.

No comments:

Post a Comment