Oleh : Susi Savitri
Kepala sekolah merupakan motor pengerak, penentu kebijakan sekolah, yang akan menentukan bagaimana tujuan sekolah dan pendidikan pada umumya direalisasikan. Sehubungan dengan MBS kepala sekolah dituntut untuk senantiasa meningkatkan efektifitas kinerjanya.
Kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitanya dengan MBS adalah segala upaya yang dilakukan dengan hasil yang dapat dicapai mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Kepala sekolah yang efektif dalam MBS dapat dilihat berdasarkan kriteria berikut.
1. Mampu memberdayakan guru untuk proses pembelajaran dengan baik, lancar dan produktif
2. dapat mengerjakan tugas tepat waktu
3. Mampu menjalin hubungan masyarakat untuk mewujudkan tujuan sekolah
4. Berhasil menerapkan prinsip kepemimpinan
5. Bekerja dengan tim manajemen
6. Berhasil mewujudkan tujuan sekolah sesuai yang telah di tetapkan
Pidarta mengemukakan tiga macam keterampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah untuk menyukseskan kepemimpinannya, yaitu, keterampilan konseptual untuk memahami dan mengoperasikan organisasi, ketermpilan manusiawi untuk bekerjasama, memotifasi, dan memimpin, keterampilan teknik dalam mengunakan pengetahuan metode teknik serta perlengkapan untuk menyelesaikan tugas.
Untuk memiliki kemampuan terutama keterampilan konsep, para kepala sekolah diharapkan melakukan kegiatan-kegiatan berikut:
1. Senantiasa belajar dari pekerjaan terutama cara kerja para guru dan pegawai
2. Melakukan observasi kegiatan manajemen secara terencana
3. Membaca berbagai hal mengenai kegiatan yang sedang dilaksanakan
4. Memanfaatkan hasi-hasil penelitian orang lain
5. Berfikir untuk masa yang akan datang
6. Merumuskan ide-ide yang dapat diuji coba
Selain itu kepala sekolah harus dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang efektif sesuai dengan situasi dan kebutuhan serta motivasi para guru dan pekerja lain.
No comments:
Post a Comment