Saturday, October 6, 2012

Peran Kepala Sekolah

Oleh : Iva Luthfiana
 
Menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0296 Tahun 1996 Kepala Sekolah adalah guru yang memperoleh tambahan tugas untuk memimpin penyelenggaraan pendidikan dan upaya peningkatan mutu pendidkan sekolah. Menurut ketentuan tersebut masa tugas kepala sekolah adalah empat tahun yang diperpanjang satu kali masa tugas. Peran kepala sekolah selain sebagai mempimpin penyelenggaraan pendidikan di sekolah juga mempunyai peran sebagai pendidik, manager, administrator, supervisior, pemimpin dan pembangkit minat.
Peran kepala sekolah sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan karena kepala sekolah mempunyai pengaruh yang besar terhadap sekolah yang dipimpinnya. Dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitar, kepala sekolah merupakan kunci keberhasilan yang harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik di sekolah.
Cara kerja dan peran kepala sekolah dipengaruhi oleh kepribadiannya,persiapan dan pengalaman profesionalnya, serta ketetapan yang dibuat oleh sekolah mengenai peranan kepala sekolah di bidang pengajaran. Sehingga kepala sekolah sebaiknya mempunyai motivasi, semangat kerja, dan komitmen untuk bekerja dan memimpin yang tinggi.
Adapun peran kepala sekolah adalah sebagai berikut :
1.     Sebagai pelaksana (executive)
2.     Sebagai perencana (planner)
3.     Sebagai seorang ahli (expert)
4.     Mengawasi hubungan-hubungan antar kelompok
5.     Mewakili kelompok
6.     Bertindak sebagai pemberi ganjaran hukuman atau pujian
7.     Bertindak sebagai wasit dan penengah
8.     Pemegang tanggung jawab para anggota kelompoknya

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete