Sunday, September 23, 2012

KARAKTERISTIK SEKOLAH EFEKTIF

Oleh : Sonia Aristia Mega Pratiwi

Karakteristik sekolah efektif adalah aspek – aspek proses persekolahan yang berkontribusi terhadap hasil bejar siswa. Terdapat kajian - kajian mengenai karakteristik sekolah efektif. Pertama, kajian yang memusatkan analisisnya terhadap karakteristik tertentu diantaranya adalah karaktristik budaya organisasi sekolah proses pembuatan keputusan, perubahan organisasi dan manajemen, perilaku kepemimpinan kepala sekolah, dan keefektifan pengajaran.Kedua, kajian yang memusatkan pada berbagai karakteristik umum sekolah, yang meliputi iklim dan budaya sekolah, harapan yang tinggi untuk berprestasi, pemantauan terhadap terhadap kemajuan siswa, kepemimpinan kepala sekolah, keerlibatan orangtua dalam kegiatan sekolah, kebebasan, tanggung jawab dan keterlibatan siswa dalam kehidupan sekolah, ganjaran dan insentif dan pelaksanaan kurikulum.karakteristik ini selanjutnya diuraikan secara singkat pada bagian berikut ini
Iklim dan budaya sekolah termasuk karakteristik sekolah efektif yang secara konsisten ditemukan berkorelasi positif dengan prestasi belajar. Contoh bahwa sekolah dengan budaya orgaisasi. Iklim dan budaya yang kondusif sangat penting untuk belajar agar siswa merasa tenang, aman dan guru bisa merasakan dihargai sedangkan orangtua dan masyarakat merasa dirinya diterima dan dilibatkan. Hal ini dapat terjadi  melalui penciptaan hubungan dan kerjasama oleh sikap saling menghargai satu sama yang lain.
Karakteristik sekolah efektif harus adanya harapan untuk berprestasi ditandai dengan keyakinan bahwa semua siswa dapat belajar, tanggung jawab bagi pembelajaran siswa, harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi, persyaratan promosi dan peringkat danbpemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan
Pemantauan terhadap kemajuan siswa. Karakteristik sekolah efektif ini berhubungan dengan hasil belajar siswa. Kepemimpinan kepala sekolah  berpengaruh terhadap aspek kinerja sekolah. Kepemimpinan pengajaran berperan dalam kegiatan pembinaan personil guru, perlindungan sekolah, pemantauan prestasi sekolah penyediaan waktu dan energi untuk perbaikan sekolah.Keterlibatan orang tua sangat penting untuk kerjasama dalam memberikan bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan anak. Kebebasan, tanggung jawab dan keterlibatan siswa dalam kehidupan sekolah  Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan sekolah atau dengan memberikan tanggung jawab kepada mereka berarti guru berusaha menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri. 
Tata tertib dan Disiplin termasuk karakteristik sekolah efektif yang sangat penting melalui kedisiplinan belajar dan selanjutnya pelaksanaan kurikulum adanya kesempatan belajar yang memadai, kurikulum terkoordinasi, pengajaran yang berlangsung secara aktif, misi pendidikan di sekolah.

No comments:

Post a Comment