Oleh : Enjasega Pramudya
Sekolah efektif merupakan pencapaian tujuan atau telah tercapainya visi dan harapan sekolah, kemudian mencakup terpakaianya sarana dan prasarana yang ada disekolah yang bisa digunakan secara effisien. Atau keefektivitasan dapat diukur dengan indikator peningkatan produktivitas sekolah seperti tingkat kehadiran guru dan siswa, kerja sama tim, dan tingkat partisipasi dalam pengambilan keputusan.
Sekolah efektif merupakan perpaduan dari (1) karakter kepemimpinan pembelajaran yang kuat, (2) terpusat jelas pada hasil belajar, (3) memiliki harapan yang tinggi, (4) memiliki lingkungan aman dan kondusif, dan (5) terpantaunya hasil pencapaian belajar secara berkelanjutan pada suatu sekolah (Turney, at all.1992: 5)
Sekolah efektif dinyatakan Hatton dan Smith dalam tulisannya yang berjudul Perspectives on Effectives Schools (1992:1) berkarakteristik (1) memiliki kepemimpinan pengajaran yang kuat (2) terpusat pada produk belajar (3) harapan siswa yang tinggi (4) lingkungan yang aman dan sesuai dengan harapan (5) memiliki kekerapan dalam memonitor tingkat pencapaian hasil.
Dari uraian tersebut maka sekolah efektif harus memiliki langkah-langkah atau strategi dalam mewujudkan sekolah yang efektif, yaitu ddengan :
1. Fokus dengan tujuan yang jelas dan standart yang tinggi.
2. Menentuka target dan pencapaian ukuran keberhasialan.
3. Pengelolaan terpusat terhadap produk belajar siswa.
4. Kepemimpinan yang kuat, disiplin dan orientasi terhadap perubahan.
5. Sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif.
6. Pemantauan hasil belajar yang berkelanjutan.
7. Mengembangkang kebijakan partsipasi seluruh pemangku kepentingan.
Maka dengan adanya strategi tersebut maka kepala sekolah harus mempunyai kebikjakan dalam mewujudkan itu semua yaitu sekolah efektif, dan kepala sekolah fokus terhadap pencapain tujuan tersebut yaitu bisa dengan memahami apa yang terjadi di dalam kelas, sebagai inti baik-tidaknya proses pendidikan. Keberlangsungan supervisi kinerja guru merupakan salah satu langkah kunci penjaminan kelayakanan pendidikan. Misal guru yang bermutu, guru yang profisional dan guru yang bisa memecahkan masalah-masalah sosial ataupun akademik siswanya.
Jadi dalam mencapai atau mewujudkan sekolah efektif itu perlua adanya kepemimpinan yang fokus dan kuat dalam mencapai visi an misi sekolah tersebut yang tentunya didukung oleh guru atau pendidik yang bermutu dan sarana prasana sekolah yang memadahi, dan juga konisi sekoalah yang aman , nyaman dan lingkungan sosial yang harmonis.
Hatton dan Smith (1992) Perspectives on Effectives Schools. http://eric.uoregon.edu/ publications/digests/ digest129.html
Turney, C. et al. (1992). The School Manager. Australia: Allen & Unwin.
Sekolah efektif merupakan perpaduan dari (1) karakter kepemimpinan pembelajaran yang kuat, (2) terpusat jelas pada hasil belajar, (3) memiliki harapan yang tinggi, (4) memiliki lingkungan aman dan kondusif, dan (5) terpantaunya hasil pencapaian belajar secara berkelanjutan pada suatu sekolah (Turney, at all.1992: 5)
Sekolah efektif dinyatakan Hatton dan Smith dalam tulisannya yang berjudul Perspectives on Effectives Schools (1992:1) berkarakteristik (1) memiliki kepemimpinan pengajaran yang kuat (2) terpusat pada produk belajar (3) harapan siswa yang tinggi (4) lingkungan yang aman dan sesuai dengan harapan (5) memiliki kekerapan dalam memonitor tingkat pencapaian hasil.
Dari uraian tersebut maka sekolah efektif harus memiliki langkah-langkah atau strategi dalam mewujudkan sekolah yang efektif, yaitu ddengan :
1. Fokus dengan tujuan yang jelas dan standart yang tinggi.
2. Menentuka target dan pencapaian ukuran keberhasialan.
3. Pengelolaan terpusat terhadap produk belajar siswa.
4. Kepemimpinan yang kuat, disiplin dan orientasi terhadap perubahan.
5. Sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif.
6. Pemantauan hasil belajar yang berkelanjutan.
7. Mengembangkang kebijakan partsipasi seluruh pemangku kepentingan.
Maka dengan adanya strategi tersebut maka kepala sekolah harus mempunyai kebikjakan dalam mewujudkan itu semua yaitu sekolah efektif, dan kepala sekolah fokus terhadap pencapain tujuan tersebut yaitu bisa dengan memahami apa yang terjadi di dalam kelas, sebagai inti baik-tidaknya proses pendidikan. Keberlangsungan supervisi kinerja guru merupakan salah satu langkah kunci penjaminan kelayakanan pendidikan. Misal guru yang bermutu, guru yang profisional dan guru yang bisa memecahkan masalah-masalah sosial ataupun akademik siswanya.
Jadi dalam mencapai atau mewujudkan sekolah efektif itu perlua adanya kepemimpinan yang fokus dan kuat dalam mencapai visi an misi sekolah tersebut yang tentunya didukung oleh guru atau pendidik yang bermutu dan sarana prasana sekolah yang memadahi, dan juga konisi sekoalah yang aman , nyaman dan lingkungan sosial yang harmonis.
Hatton dan Smith (1992) Perspectives on Effectives Schools. http://eric.uoregon.edu/ publications/digests/
Turney, C. et al. (1992). The School Manager. Australia: Allen & Unwin.
No comments:
Post a Comment