Friday, September 28, 2012

MANEJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT (HUSEMAS)

Oleh: Asfie Rihla
Adapun pengertian manajemen humas adalah suatu proses dalam menangani perencanaan, pengorganisasian, mengkomunikasikan serta pengkoordinasian yang secara serius dan rasional dalam upaya pencapaian tujuan bersama dari organisasi atau lembaga yang diwakilinya. Dan untuk merealisasikan itu semua banyak hal yang harus dilakukan oleh humas dalam suatu lembaga pendidikan. 
Hubungan sekolah dengan masyarakat adalah suatu proses komunikasi dengan tujuan meningkatkan pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dan praktik pendidikan serta berupaya dalam memperbaiki sekolah. Hubungan dengan masyarakat yang juga disebut public relation adalah sebuah proses penetapan kebijakan, pelayanan serta tindakan-tindakan nyata berupa kegiatan yang melibatkan orang banyak agar orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut memiliki kepercayaan terhadap lembaga yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut.
Hubungan Sekolah hidup di tengah masyarakat, melayani masyarakat dan dihidupi masyarakat. Sebaliknya masyarakat mengambil manfaat berupa output sekolah, berupa tenaga lulusan yang memiliki kualifikasi tertentu. Sekolah dan masyarakat adalah partner yang seharusnya mampu menjalin interaksi saling menguntungkan. Sekolah harus mampu menampung aspirasi masyarakat karena masyarakatlah pemasok sekaligus pemakai output sekolah. Kerja sama yang baik antara sekolah dan masyarakat akan menguntungkan keduanya. Sekolah semakin eksis berkat dukungan masyarakat, dan masyarakat memetik manfaat berupa output berkualitas.
Secara lebih jelasnya maka HUSEMAS ini dapat dilihat dari fungsi, tujuan, manfaat dan bentuk-bentuk operasionalnya.
1. Berdasarkan pengertian husemas diatas maka fungsi pokok dari husemas adalah menarik simpati masyarakat pada umumnya serta publik (masyarakat terdekat dan langsung terkait) khususnya,sehingga dapat meningkatkan relasi serta animo masyarakat terhadap sekolah tersebut pada akhirnya menambah income bagi sekolah yang bermanfaat bagi bantuan terhadap tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
.2. Tujuan dari husemas ada;ah meningkatkan popularitas sekolah dimata masyarakat, sehingga prestise sekolah dapat miningkatkan pula.
3.manfaat dari husemas adalah menambah simpati dari masyarakat yang dapat meningkatkan harga diri (prestise) sekolah, serta dukungan masyarakat terhadsp sekolah secara spiritual dan material/financial.
4. Bentuk-bentuk operasional dari husemas bisa bermacam-macam seperti di bidang sosial sekolah dengan masayarakat sekitarnya seperti kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional/keagamaan pengamanan lingkungan, tamanisasi, kebersihan, dan sebagainya akan menambah kesan masyarakat sekitar akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungansekitar sebagai anggota masayarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.
Adapun sifat hubungan sekolah dengan masyarakat dapat merupakan
  1. Hubungan timbal balik yang menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak
  2. Hubungan yang bersifat sukarela berdasarkan prinsip bahwa sekolah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat
  3. Hubungan yang bersifat kontinu antara sekolah dengan masyarakat
  4. Hubungan keluar kampus atau “external public relation” guna menambah simpati masyarakat, dan juga hubungan ke dalam kampus “internal public relation” guna menambah keyakinan atau mempertebal pengertian para sivitas akademika tentang segala pemilikan material dan non material sekolah.
Dengan adanya hubungan-hubungan tersebut di atas dapatlah terjalin kreativitas serta dinamika kedua belah pihak yang inovatif. Selain itu dapat memadukan hubungan antara kehidupan sekolah dan kehidupan masyarakat.

No comments:

Post a Comment